Monumen PANCASILA JAYA Banyuwangi  

Posted by: BanyuwangiTour in

Monumen PKI banyuwangi 

Foto yang anda lihat adalah Monumen Pancasila Jaya. Terletak di Dusun Cemethuk, Desa Cluring, Kecamatan Cluring, Kabupaten Banyuwangi. Monumen ini didirikan untuk mengenang tragedi pembantaian 18 Oktober 1965. 


kuburan PKI banyuwangi
Foto Monumen sumur/pemakaman korban tragedi PKI cemetuk

Pada tragedi ini terdapat 62 orang Anshor dibantai oleh anggota PKI. Dan para korban pembantaian itu dimakamkan secara masal ke dalam 3 sumur. Dan tepat di atas sumur tersebut dibangun sebuah Monumen Lubang Buaya seperti terlihat di atas.

monumen pancasila jaya
foto sisi kiri monumen pancasila jaya

monumen PKI cemetuk banyuwangi
foto sisi kanan monumen pancasila jaya

pancasila jaya
foto : tulisan dibawah monumen pancasila jaya

Dari tragedi ini kita tahu bahwa Kabupaten Banyuwangi tak luput dari ekspansi Partai Komunis Indonesia (PKI). Sebab selama ini, buku-buku sejarah yang ada di sekolah hanya menyebutkan tentang anggota PKI yang membunuh para jenderal di Jakarta serta pembantaian di Madiun. Dan ini menjadi indikasi bahwa sejarah nasional hanya menyediakan lahan yang sempit untuk mengungkap sejarah PKI di daerah. Padahal untuk mengungkap sebuah kebenaran sejarah diperlukan berbagai macam referensi dan data yang bisa dipertanggungjawabkan serta bisa dikaji oleh generasi penerus bangsa. Sehingga bisa dipelajari dan diresapi sebagai pengalaman kelam perjalanan bangsa Indonesia.

Berawal dari latar belakang tersebut. Maka tergeraklah sejumlah pemuda yang peka dan mau mengangkat harkat dan martabat Kabupaten Banyuwangi lewat sejarah dan kekayaan budaya. Dan mereka tergabung dalam komunitas Blambangan Heritage.

blambangan heritage 
foto Admin dan anggota komuintas Blambangan Heritage

Grup Facebook :  Blambangan Heritage
This entry was posted on 11:38 AM and is filed under . You can leave a response and follow any responses to this entry through the Subscribe to: Post Comments (Atom) .

1 comments

Baru tahu ternyata selama ini dikibulin pemerintah orde baru

Post a Comment